Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuatan E-KTP di Surabaya Dimulai

Kompas.com - 11/08/2011, 18:20 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Pembuatan kartu tanda penduduk elektronik di Kota Surabaya secara gratis direncanakan pada 18 Agustus 2011. Proses pergantian kartu identitas itu dilakukan setelah peralatan dari pemerintah pusat tiba di semua kecamatan di Surabaya pada 15 Agustus.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya Kartika Indrayana, Kamis (11/8/2011) di Surabaya, mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Surabaya masih menunggu alat pembuatan KTP elektronik atau E-KTP, seperti perangkat komputer, pemindai iris mata, kamera, dan pemindai tanda tangan dari pemerintah pusat. Setiap kecamatan akan mendapat dua peralatan untuk memproses E-KTP.

Menurut Kartika, pihak kecamatan segera mengirim undangan kepada warga melalui kelurahan dan ketua RT di wilayah masing-masing. Berbekal surat undangan, warga diminta mendatangai kantor kecamatan dengan membawa KTP lama.

Sebenarnya proses pembuatan KTP elektronik dengan yang lama adalah sama. Hanya, pada E-KTP, pemiliknya wajib menjalani pemindaian iris mata dan tanda tangan di alat pindai. Setelah menjalani seluruh proses pembuatan E-KTP, warga akan diberi surat tentang waktu pengambilan ke kantor kecamatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com