Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPOM Temukan Makanan Mengandung Boraks

Kompas.com - 11/08/2011, 21:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan inspeksi mendadak di ketiga tempat itu, antara lain, Pasar Swalayan Gelael di Jalan Tebet Barat IV, Jakarta Selatan; Carrefour di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan; dan Pasar Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Dari ketiga tempat ditemukan makanan terindikasi mengandung bahan berbahaya, makanan tidak berizin, dan kemasan makanan tidak berbahasa Indonesia yang berhasil dirazia Badan POM di tiga tempat. Di Pasar Swalayan Gelael ditemukan makanan yang mengandung rhodamin di kemasan asinan, mi basah mengandung formalin, dan dua jenis makanan tidak ada izin edar.

Kepala BPOM Kustantinah mengatakan akan menyelidiki pihak yang memproduksi makanan-makanan tersebut.

"Kami akan memanggil, tidak langsung disita. Kami akan teusuri produsen yang tanggung jawab," ujarnya di Jalan Tebet Barat IV, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2011).

Sementara di Carrefour Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, pihak BPOM menemukan makanan tanpa izin edar. "Ditemukan biskuit makanan China, yang di kemasannya tidak ada bahasa Indonesia dan tanpa izin edar, serta permen tanpa izin edar," katanya.

Di Pasar Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, pihak BPOM menemukan beberapa makanan yang mengandung rhodamin dan boraks.

"Hasil dari pasar Benhil ditemukan kerupuk asinan yang mengandung rhodamin begitu juga kue mangkok dan pacar cina. Sedangkan makanan yang mengandung formalin ditemukan di tahu siomay," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com