Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Solusi Terampuh Usir Calo Bandara

Kompas.com - 22/08/2011, 15:51 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Solusi paling ampuh untuk mengatasi maraknya calo yang berkeliaran di Bandara Soekarno-Hatta adalah dengan menetapkan sistem e-Ticket atau tiket elektronik.

Hal itu dikatakan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Senin (22/8/2011) sekitar pukul 09.30 WIB, saat ditemui Kompas.com selepas apel siaga Angkutan Lebaran 2011 di Teminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Dia mengatakan, sistem e-Ticket dinilai paling aman karena sudah tidak menggunakan sistem tulis tangan lagi. Dan keunggulannya pada kesamaan identitas di tiket dan KTP sudah pasti akurat," ujar Bambang yang dalam apel tadi menjadi pemimpin apel siaga tersebut.

Menurut data yang dihimpun oleh pihak PT Angkasa Pura II (AP II), total calo tiket yang sudah terdata selama 2011 sebanyak 1.500 orang. Meskipun menurut Pihak AP II sudah berkurang sebanyak 70 persen, tujuan utamanya ialah menuntaskan bersih kegiatan percaloan yang berkeliaran di bandara. Karena dinilai menggagu kurang lebih sebanyak 44,3 juta pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta.

Ditemui sebelum pergi meninggalkan tempat apel, Mulya Abdi Selaku Deputi Senior PT AP II mengatakan, memang pihaknya sudah dalam rencana untuk menyampaikan usulan ke pemerintah pusat untuk menetapkan pengguna e-Ticket ini.

"Kami pihak AP II tidak memiliki hak untuk memaksa semua maskapai penerbangan untuk menerapkan sistem e-Ticket ini. Karena yang mengaturnya, semua pusat," ujar Mulya Abdi kepada Kompas.com.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa peta persebaran calo di Bandara Soekarno-Hatta hanya terpusat di Terminal 1. Terminal 2 dan Terminal 3 tidak ditemukan calo yang berkeliaran.

Mulya Abdi mengatakan, seluruh maskapai penerbangan di Terminal 2 dan Terminal 3 sudah menerapkan sitem e-Ticket, dan terbukti, tidak terlihat gangguan dari calo di Terminal 2 dan Terminal 3. Hanya di Terminal 1, yang sampai saat ini masih berkeliaran meskipun sekarang sedikit sekali, dan sembunyi-sembunyi.

"Nanti sesudah Lebaran akan kami follow up usulan mengenai penerapan e-Ticket di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Mulya Abdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com