Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Tanah Abang Mulai Ditinggal Pemudik

Kompas.com - 28/08/2011, 19:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mendekati Lebaran, pusat grosir Tanah Abang, Jakarta, mulai berkurang pengunjungnya. Berbeda dengan seminggu lalu, pada Minggu (28/8/2011) tidak tampak lagi pengunjung yang berdesak-desakan memilih baju, sepatu, ataupun tas di Blok A dan B pasar tersebut.

Sebagian gerai pedagang di pasar tersebut telah tutup. Sejumlah pedagang memasang kertas pengumuman di penutup gerai yang memberitahukan bahwa mereka akan buka kembali pada 5 September atau bahkan 12 September.

Meskipun sebagian besar pedagang telah mudik ke kampung halaman, sebagian pedagang tetap membuka gerai seperti biasa. "Kami sudah mengontrak selama setahun. Sayang kalau tidak digunakan maksimal," ujar Budi, pedagang tas di Blok A.

Berkurangnya denyut perekonomian di Pasar Tanah Abang juga terlihat dari kian lengangnya arus lalu lintas menuju pasar tersebut. Biasanya Jalan KS Tubun yang menjadi salah satu akses menuju pasar itu selalu diwarnai kemacetan, tetapi dua hari menjelang Lebaran berbagai kendaraan dapat berjalan dengan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com