Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Kalimalang Jebol

Kompas.com - 01/09/2011, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggul Kalimalang, tepatnya di atas Kali Buaran, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (1/9/2011), jebol setelah sempat mengalami rembesan akibat keretakan di sekitar dindingnya sejak pukul 20.00 WIB, Rabu (31/8/2011) malam.

Menurut Direktur Pengelolaan Perum Jasa Tirta Herman Idrus, jebolnya tanggul Kalimalang ini mengakibatkan pasokan bahan baku air bersih ke instalasi Pejompongan putus total. Sedangkan pasokan air yang berasal dari Purwakarta menuju instalasi pengolahan air bersih Buaran dan Pulogadung terganggu sekitar 50 persen.

Kalimalang atau biasa dikenal dengan Saluran Induk Tarum Barat adalah saluran utama pemasok bahan baku air bersih Jakarta. Air dari kali ini disalurkan ke tiga instalasi pengolahan air bersih di Buaran, Pulogadung, dan Pejompongan. Gangguan pasokan bahan baku dipastikan akan mengganggu pasokan air bersih ke seluruh pelanggan di Jakarta.

Sejak pagi tadi, beberapa petugas dan pejabat di lingkungan PDAM dan Aetra telah berada di lokasi untuk mengadakan upaya perbaikan dini dengan menggunakan peralatan darurat berupa karung berisi pasir untuk menahan laju terjangan air dari dinding tanggul yang jebol.

Akibat jebolnya tanggul itu, air kini mengalir deras ke Kali Buaran yang lokasinya persis di samping Perumahan Pondok Kelapa Indah, dan langsung masuk ke Kanal Banjir Timur. (SONORA FM 92, Suroto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com