Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penipu Kelabui Pemilik Toko Emas

Kompas.com - 26/09/2011, 23:35 WIB

DEPOK, KOMPAS.com Seorang penipu mengelabui pemilik toko emas berinisial CLK alias Mrgth (53) di Jalan Tole Iskandar, Kota Depok, Jawa Barat.

Pelaku membawa kabur emas batangan seberat 1,2 kilogram senilai Rp 600 juta setelah mengunci korban di sebuah ruangan rumah toko atau ruko.

Kejadian ini berawal dari ulah pelaku yang berpura-pura sebagai pembeli di toko emas korban. Seminggu sebelumnya, pelaku pernah membeli emas kepada CLK senilai Rp 100 juta di kawasan Cibubur.

Transaksi ini berjalan dengan baik dengan menggunakan uang dollar Amerika Serikat. Karena itu, korban percaya kepada pelaku ketika akan membeli emas untuk kedua kalinya.

Pelaku memesan emas dan meminta transaksi dilakukan di ruko CV Abadi Jaya, Senin (26/9/2011) pukul 13.00.

Saat transaksi, CLK datang bersama suaminya di kantor CV Abadi Jaya. Pelaku kemudian meminta izin untuk mengetes batangan emas itu di belakang kantornya.

"Dia lalu keluar melalui pintu belakang, setelah beberapa lama korban akhirnya menyadari bahwa pelaku kabur lewat pintu belakang," kata Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Pancoran Mas, Ajun Komisaris Sah Johan.

Korban tidak bisa mengejar pelaku karena ternyata pintu kantor CV Abadi Jaya telah terkunci. Korban baru dapat keluar dari ruangan ruko itu setelah mendobrak pintu.

Di lokasi kejadian, polisi menemukan tumpukan uang 100 dollar AS palsu karena merupakan hasil fotokopi.

"Saat ini kasus penipuan ditangani oleh Reserse Polres Kota Depok. Tim sedang mengumpulkan keterangan dari saksi untuk mengejar pelaku," kata Johan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com