Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Lebaran Betawi Digelar

Kompas.com - 01/10/2011, 09:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi menggelar Lebaran ala Betawi di Perkampungan Industri Kecil, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari mendatang, yaitu pada 1 Oktober dan 2 Oktober. "Sebelumnya Lebaran Betawi digelar di Jakara Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat. Kali ini diselenggarakan di Jakarta Timur dan dipusatkan di kawasan PIK, Penggilingan," kata Kepala Seksi Kehumasan Sudin Komunikasi Informatika dan Kehumasan (Kominfomas) Jakarta Timur Gatut Sudarsono di Jakarta, Sabtu (1/10/2011).

Dalam kegiatan ini akan ditampilkan sejumlah hasil kerajinan, budaya, kuliner khas betawi, dan masih banyak lagi. Tentu saja acara rutin tahunan ini dimaksudkan juga untuk menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, untuk ikut meramaikan perhelatan ini. "Nantinya pihak panitia juga akan menggabungkan tampilan budaya Betawi dengan wilayah sekitar, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Dengan begitu diharapkan dapat menjadikan warga Ibu Kota semakin cinta terhadap seni dan budaya tradisionalnya," ujar Gatut.

Beberapa kesenian yang akan ditampilkan dalam Lebaran ala Betawi tahun ini adalah sambrah Betawi dari Firman Muntaco, Gambang Kromong Mustika Forkabi, tari topeng dan lipet gandes dari Grup Marga Sari. Panitia juga akan menghadirkan bintang tamu Hj Tonah dan Mastur, tokoh lenong dan komedian asli Betawi.

Selain itu, setiap wilayah juga wajib secara bergiliran menampilkan atraksi kesenian di panggung utama, misalnya Jakarta Timur menampilkan gambang kromong dan lawak serta Jakarta Pusat menampilkan Gambus KS Tubun dan musik Melayu Brantas Tenabang.

Kemudian, Jakarta Utara menampilkan keroncong tugu dan marawis, Kabupaten Kepulauan Seribu menyajikan samrah dan tarian Betawi. Lalu, Jakarta Selatan akan menampilkan gambus aromania dan nasyid, sedangkan Jakarta Barat menampilkan tarian-tarian Betawi dan gambang kromong.

Sementara itu, setiap wilayah juga menyuguhkan beragam kuliner, seperti Jakarta Timur menyuguhkan sayur gabus pucung dan kue cucur, Jakarta Utara menyajikan grebek bebek dan ketan kuning, Kepulauan Seribu menyuguhkan udang pengko. Kemudian, Jakarta Selatan menyuguhkan pecak gurame dan dodol, Jakarta Barat menyuguhkan tape uli dan semur, sedangkan Jakarta Pusat menyuguhkan bandeng pesmol dan slendang mayang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com