Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Betawi Dimeriahkan 25.000 Orang

Kompas.com - 01/10/2011, 16:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Lebaran Betawi yang digelar di Perkampungan Industri Kecil Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (1/10/2011), dipadati 25.000 pengunjung. Lebaran yang baru keempat kalinya digelar ini menjadi ajang temu kangen sesama warga Betawi sekaligus wisata kuliner Betawi.

Mereka juga menikmati suasana kampung besar Jakarta masa lalu dengan alunan musik gambang kromong, ondel-ondel, rumah tradisional betawi, Lenong (Bolot cs), batik betawi, irama gambus,dan juga dangdut yang akan dimeriahkan oleh Cici Paramida, Krisna Mukti, dan lain-lain.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang hadir membuka acara ini mengatakan, "Lebaran Betawi memiliki arti penting dan merupakan momentum strategis untuk melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan budaya Betawi serta meneguhkan kehidupan warga Jakarta yang agamis, toleran, terbuka, akrab dalam pergaulan dan penuh persaudaraan," kata Fauzi.

Lebaran Betawi ini dihadiri oleh Ketua Umum Bamus Betawi Nachrowi Ramli, Ketua Dewan Pembina Fauzi Bowo, Ketua Dewan Kehormatan Edy M Nalapraya, Ketua Dewan Penasehat Effendi Yusuf, jajaran Muspida Provinsi DKI Jakarta, tokoh masyarakat Jakarta, perwakilan etnis Nusantara, ulama dan habaib Betawi, Bupati dan Walikota Bogor, Tanggerang, Depok serta Bekasi. Singkatnya, silaturahim ulama, umaro dan masyarakat secara masal (silaturahmi akbar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com