Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

21 Bus Gandeng untuk Koridor XI

Kompas.com - 03/10/2011, 22:09 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta menyiapkan 21 bus gandeng untuk jalur bus transjakarta Koridor XI Kampung Melayu-Pulo Gebang. Puluhan lainnya akan menyusul setahun kemudian.

"Kami telah menyiapkan 21 unit bus gandeng untuk koridor XI," kata Kasie Pengendalian Operasi BLU Transjakarta M Soesilo Dewanto dalam diskusi "Meningkatkan Mutu Layanan TransJakarta" di Kedai Tempo, Jalan Utan Kayu 68 H, Jakarta Timur, Senin (3/10/2011).

Armada baru tersebut diperkirakan akan tiba pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Soesilo menambahkan, bus gandeng dalam jumlah yang sama akan didatangkan pada akhir 2012. Penyediaan armada bus gandeng dalam jumlah besar ini dilakukan berdasarkan pertimbangan potensi penumpang. "Juga karena Pulo Gebang diproyeksikan menjadi terminal terbesar se-Jakarta," terang Soesilo.

Koridor XI yang menghubungkan Terminal Kampung Melayu dan Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, saat ini dalam proses pengerjaan. Dalam rencana awal, koridor sepanjang hampir 21 kilometer dengan 20 halte ini mulai dioperasikan pada akhir tahun ini.

BLU TransJakarta sendiri merencanakan pembangunan empat koridor lainnya untuk melengkapkan jumlah rute bus transjakarta menjadi 15 koridor. Empat koridor tersebut yaitu Koridor XII, dengan rencana rute Pluit-Tanjung Priok; Koridor XIII, dengan rencana rute Blok M-Pondok Kelapa; Koridor XIV dengan rencana rute Manggarai-Depok; dan Koridor XV dengan rencana rute Blok M-Ciledug.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com