Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JPK Dihapus, Kinerja PNS Dikhawatirkan Turun

Kompas.com - 06/10/2011, 21:56 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Mengacu aturan pusat, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) untuk Pegawai Negeri Sipil akan dihapus tahun depan dan diganti dengan Askes. PNS di Kota Balikpapan, Kaltim, harus bersiap dengan kondisi itu, karena kehilangan kenyaman yang selama ini dirasakan dengan memanfaatkan JPK . Kinerja PNS dikhawatirkan turun.

Sesuai aturan Permendagri (Nomor 22 tahun 2011), anggaran kesehatan tak diperkenan lagi menggunakan APBD untuk menambah Askes. Jadi, s istem ini kembali ke sebelumnya, memakai Askes, kata Suryanto, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan, Kamis (6/10/2011).

Ini tidak menguntungkan bagi PNS yang sejak tahun 2004 mendapatkan manfaat dari JPK. Pasti akan menurunkan kinerja PNS. Karena dengan ada JPK, PNS bisa memilih obat atau apotik yang lebih bagus, dan opname di kelas yang lebih bagus, tapi nanti, itu tidak lagi, kata dia.

Perihal JPK yang tahun depan tak ada lagi itu, Pemkot Balikpapan akan mencari cara agar pelayanan kesehatan PNS tak terlalu terganggu.

Dulu PNS memakai Askes. Karena saat itu pelayanan Askes kurang memuaskan, maka dijalankan JPK menggantikan Askes. Sekarang, dengan PNS akan kembali ke Askes, saya harap Askes memberi pelayanan prima, tambah Aji M Sofyan, Kabag Humas Pemkot Balikpapan. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com