Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT Sudah Antisipasi Tanah Lembek Jakarta

Kompas.com - 07/10/2011, 11:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Permasalahan pembangunan lorong bawah tanah mass rapid transit (MRT) adalah struktur tanah di Jakarta yang lembek sehingga mengakibatkan penurunan tanah. Hal ini pun sudah diantisipasi PT MRT Jakarta dengan melakukan rekayasa teknis.

Direktur Utama PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo menuturkan, ada tiga masalah bila membangun lorong bawah tanah untuk MRT, yakni masalah gempa, banjir, dan penurunan tanah akibat struktur tanah yang lembek. Tribudi mengatakan, di kota-kota lain yang rawan gempa, MRT tetap diandalkan sebagai moda transportasi utama karena secara teknis ketiga persoalan tersebut dapat diatasi dengan melakukan rekayasa teknis.

"Contohnya dengan meninggikan pintu masuk. Hal ini diterapkan di Hongkong dan Bangkok. Kemudian membangun gerbang banjir atau flood gate yang kedap air untuk mengantisipasi banjir. Sedangkan untuk mengatasi tanah lembek bisa diatasi dengan teknik perbaikan tanah," ujar Tribudi, Jumat (7/10/2011).

Tribudi menambahkan, pihaknya mengikuti standar-standar keselamatan dan konstruksi dalam pembangunan MRT. Dia pun berani menjamin standar pembangunan MRT di Jakarta sudah teruji di dunia dan menjamin keselamatan penumpang pada saat beroperasinya nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com