Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desember, Parkir Liar di Pasar Baru Dihapus

Kompas.com - 12/10/2011, 09:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.co — Setelah berhasil menertibkan parkir liar di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, untuk selanjutnya menerapkan parkir off street (dalam gedung) di kawasan tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI pada Desember juga akan menertibkan parkir liar di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, nantinya akan ada tiga gedung yang diberdayakan untuk menampung kendaraan yang hendak parkir. Ketiga gedung tersebut adalah Istana Pasar Baru dengan kapasitas 500 mobil, Pasar Baru Square dengan kapasitas 80 mobil, dan Pasar Baru Atom dengan kapasitas 300 mobil.

"Sudah disurvei, dan ketiga gedung tersebut dapat menjadi tempat parkir di kawasan Pasar Baru. Penertiban parkir ini berfungsi untuk menata lingkungan dan untuk mengembalikan fungsi jalur bagi pejalan kaki," kata Pristono, Selasa (11/10/2011).

Namun, untuk menghapus parkir liar, selain harus menertibkan kendaraan yang biasa parkir di lokasi tersebut, pihaknya juga terkendala banyaknya pedagang kaki lima (PKL) yang menutup akses masuk kendaraan ke gedung parkir.

"Contohnya di Istana Pasar Baru, di depannya PKL berjajar. Akibatnya, kendaraan sulit masuk. Untuk itu, kami meminta kepada wali kota setempat untuk mengatur kawasan tersebut," tuturnya.

Sebelumnya, pihaknya juga ditentang oleh masyarakat di kawasan tersebut lantaran penutupan gerbang Pasar Baru. Namun, seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai menyadari kawasan Pasar Baru memang diperuntukkan bagi para pejalan kaki sehingga protes yang muncul akibat penutupan gerbang dapat diredam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com