Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir On Street, 60 Persen Badan Jalan Tersita

Kompas.com - 21/10/2011, 17:29 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir on street menjadi salah satu penyebab kemacetan, lantaran sekitar 60 persen badan jalan ditempati oleh kendaraan yang enggan parkir di dalam gedung. Untuk itu, penertiban parkir on street harus semakin digalakkan.

"Parkir on street menyita 60 persen badan jalan, sehingga menjadi salah satu sebab kemacetan," kata Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Azas Tigor Nainggolan, di Jakarta, Jumat (21/10/2011).

Menurutnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga harus menghapuskan parkir gratis, jika serius ingin membuat Jakarta tak macet lagi. Dengan penekanan seperti ini, pengguna kendaraan pribadi akan terus meminta perbaikan sarana angkutan umum.

"Moda transportasi massal akan dibenahi juga agar masyarakat mau berpindah ke angkutan massal jika tarif parkir naik dan parkir on street mulai digalakkan," ungkapnya.

Sebenarnya penerapan parkir off street sudah berlangsung sejak 20 Juni silam. Namun pada kenyataannya, penerapannya tidak menunjukkan hasil yang signifikan karena masih banyak kendaraan yang parkir di badan jalan, bahkan dipaksakan parkir di atas trotoar.

Sebelumnya diberitakan bahwa di kawasan Gajah Mada-Hayam Wuruk disediakan delapan gedung parkir dalam gedung yakni Komplek Duta Merlin, Gedung Pelni, Gajah Mada Plaza, Hotel Grand Paragon, Lindeteves Trade Centre dan Hayam Wuruk Plaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com