Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flu Burung Muncul di Flores Timur

Kompas.com - 24/10/2011, 09:04 WIB
Samuel Oktora

Penulis

LARANTUKA, KOMPAS.com — Kasus flu burung (avian influenza/AI) muncul di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Serangan penyakit itu diketahui setelah spesimen dari sejumlah ayam yang mati diteliti oleh Balai Besar Veteriner Denpasar, dan hasilnya dinyatakan positif AI.

"Spesimen sudah dikirim ke Balai Besar Veteriner Denpasar, dan hasilnya positif. Namun, kasus yang terjadi ini pada ayam, belum ada kasus pada manusia," kata Kepala Dinas Peternakan NTT Samuel Rebo, Senin (24/10/2011).

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Flores Timur Antonius Wukak Sogen ketika dikonfirmasi di Larantuka membenarkan kasus tersebut. Menurut Antonius, peristiwa mengejutkan itu terjadi pertengahan September 2011 lalu, di mana 20.000 ekor ayam buras mati di Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Flores Timur.

Dari kejadian ini, NTT tak lagi bebas AI. Peristiwa ini juga mengingatkan kita pada kasus tahun 1997, kasus rabies pertama kali masuk NTT juga dari Flores Timur, yang kemudian meluas ke seluruh Flores dan Lembata. Bahkan, sampai saat ini Flores-Lembata belum dapat bebas dari rabies.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com