Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilukada 2012, Foke Masih Paling Populer

Kompas.com - 24/10/2011, 16:10 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Survei terhadap popularitas dan akseptabilitas bakal calon gubernur untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah 2012 atau Pemilukada 2012 terus berlangsung. Fauzi Bowo, Gubernur DKI saat ini, masih unggul secara popularitas dibanding bakal calon lain.

"Popularitas Foke di mata masyarakat masih terbilang tinggi hingga saat ini," kata Direktur Eksekutif Median Survei Nasional Rico Marbun di Jakarta, Senin (24/10/2011).

Di posisi kedua, nama Tantowi Yahya mengikuti kepopuleran Gubernur DKI Jakarta saat ini. Berdasarkan hasil survei dari Median Survei Nasional dan The Future Institute pada 19-25 September lalu, popularitas Tantowi Yahya dan Fauzi Bowo terus bersaing.

"Survei ini dilakukan dengan sebaran 845 orang dengan kisaran usia 22-30 tahun menggunakan metode multistage random sampling," ujar Rico.

Persentase untuk Fauzi Bowo dari segi popularitas itu mencapai 97,5 persen, sementara Tantowi Yahya sebesar 91,5 persen. Selanjutnya, Priyanto mengikuti kedua nama bakal calon itu dengan 66,5 persen, Triwisaksana sebanyak 37,4 persen, dan Faisal Basri dengan 36,8 persen.

"Di bawah nama-nama tersebut ada Djan Faridz, Nachrowi Ramli, dan Prya Ramadhani dengan persentase di bawah 30 persen," ungkap Rico.

Namun sayangnya untuk akseptabilitas, Fauzi Bowo hanya menyentuh angka 54,7 persen dari survei yang telah dilakukan. Bahkan, persentase akseptabilitas Foke lebih rendah daripada Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana, yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yaitu 73,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com