Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Tokyo Minta Laporan Perkembangan Pembangunan MRT

Kompas.com - 09/11/2011, 09:53 WIB
Budiman Tanuredjo

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com — Duta Besar Indonesia untuk Jepang Muhamad Lutfi mendukung pembangunan mass rapid transit (MRT) Lebakbulus-Bundaran Hotel Indonesia untuk mengurangi problem kemacetan di Jakarta. Bahkan ia meminta agar diberikan laporan perkembangan pembangunan MRT yang didanai JICA.

Wartawan Kompas Budiman Tanuredjo melaporkan pertemuan Lutfi dengan jajaran direksi PT MRT Jakarta dan sejumlah wartawan Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Rabu (9/11/2011). Dalam pertemuan itu Direktur Utama PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo melaporkan perkembangan rencana pembangunan proyek MRT senilai Rp 25 triliun. "Komitmen yang sudah ditandatangani Rp 13 triliun," kata Tribudi.

Tribudi mengemukakan, pembangunan dengan bantuan JICA memang bunganya rendah, namun persyaratannya ketat, termasuk keharusan perusahaan Jepang ikut serta dalam setiap kontrak pembangunan itu. "Setiap perkembangan proyek membutuhkan persetujuan dari peminjam, yang kadang membutuhkan waktu dan bisa mundur dari jadwal," kata Tribudi.

Menanggapi problematika itu, Lutfi meminta agar laporan perkembangan pembangunan MRT, khususnya berkaitan dengan hubungannya dengan Jepang diberikan laporan agar KBRI bisa ikut memantau perkembangan pembangunan MRT itu. "Kalau ada yang mandek, kita bisa bantu untuk memantau," ujar Lutfi.

Lutfi yang pernah menjabat Kepala Badan Koordinasi Pasar Modal itu mendukung pembangunan MRT dengan bantuan Jepang. "Lebih baik itu diteruskan agar kita mempunyai MRT untuk mengurangi kemacetan di Jakarta," kata Lutfi.

Tribudi menjanjikan akan memberi laporan kepada KBRI dalam proyek MRT tersebut.

Pembangunan MRT tahap pertama dari Lebakbulus-Bundaran HI dan selanjutnya diteruskan dengan Bundaran HI-Kampung Bandan. Pihak Jepang juga menawari untuk pembangunan jalur Timur-Barat, namun itu belum diputuskan dari mana dana itu akan didapat. Pembangunan MRT Lebakbulus-Bundaran HI diharapkan selesai pada tahun 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com