Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Jangan Terkecoh Tiket Palsu

Kompas.com - 09/11/2011, 23:38 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Bagi para penumpang kereta rel listrik (KRL), jangan sampai terkecoh dengan peredaran tiket palsu. Para calo kerap menawarkan tiket palsu tersebut di area stasiun. Hal inilah yang dialami Amr (21), seorang mahasiswa yang diamankan petugas Stasiun Depok Baru, Rabu (9/11/2011) pagi.

Petugas mengamankan Amr setelah menemukan bahwa dia menggunakan kartu trayek bulanan palsu. Adapun Amr mengaku membeli kartu berlangganan itu dari seorang calo di stasiun dengan harga Rp 20.000. Apa pun alasannya, kini Amr harus berurusan dengan penyidik Kepolisian Resor Kota Depok.

Pada saat yang hampir bersamaan, petugas keamanan juga mengamankan HHD (24), seorang karyawan swasta di Jakarta. HHD bahkan mencetak tiket sendiri untuk kepentingan pribadi yang dipakai sejak Agustus lalu. Keduanya terjaring operasi petugas ketika mereka hendak bepergian dari Depok menuju Jakarta.

"Kami temukan kartu mereka palsu pada saat yang hampir bersamaan. Kami dapati kartu mereka palsu setelah diteliti menggunakan lampu indikator ultraviolet," tutur Yuki Ridwan, Komandan Regu Keamanan Stasiun Depok Baru, kepada Kompas di Depok.

Tiga hari terakhir, petugas keamanan Stasiun Depok Baru memang menggelar operasi penertiban tiket KRL. Dari hasil operasi, banyak penumpang yang menggunakan kartu berlangganan kedaluwarsa.

Kepala Stasiun Depok Baru Gatot Nur Setiadi mengatakan, pemalsuan tiket sudah lama terjadi. Namun, penangkapan pelaku harus dilakukan melalui operasi pengawasan tiket. "Kami perlu mengawasi pemilik tiket lebih ketat agar kerugian negara dapat dikurangi," ungkap Gatot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com