Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Pos 11.11.11.11 Diluncurkan

Kompas.com - 11/11/2011, 14:26 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pos Indonesia memanfaatkan momen istimewa tanggal 11 November 2011 untuk meluncurkan kartu pos cantik 11.11.11.11. Seri empat kali angka 11 itu merupakan singkatan dalam penulisan pukul 11 tanggal 11 bulan 11 tahun 2011.

"Ini tanggal istimewa yang terjadi sekali dalam seribu tahun," kata I Ketut Mardjana, Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), dalam sambutan saat peluncuran kartu pos di Museum Perangko, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (11/11/2011) pukul 11.00.

Dengan periode 1.000 tahun sekali, momen spesial ini hanya mungkin dialami manusia sekali seumur hidup. Karena itu, penerbitan kartu pos berangka unik ini disambut sukacita para filatelis lantaran memiliki nilai koleksi dan investasi.

Untuk menambah keunikan, angka 11 menjadi rujukan kreasi lainnya. Kartu pos hanya diproduksi sebanyak 11.111 lembar, masing-masing desain dengan nomerator 1 sampai dengan 11.111.

Kartu pos ini dihargai Rp 11.000 per lembar dan hanya dijual di 11 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Palembang, Pontianak, dan Makassar.

Lantaran peluncurannya bertepatan dengan pembukaan SEA Games XXVI di Palembang, kartu pos spesial ini memiliki tiga desain. Masing-masing adalah Kartu Pos Sekali Seumur Hidup, Kartu Pos Seri SEA Games Welcome to Palembang, dan Kartu Pos Seri SEA Games Welcome to Jakarta.

Demi pengembangan kegiatan filateli, beberapa kartu pos bernomor cantik akan ditandatangani langsung oleh Dirut PT Pos Indonesia dan dilelang. Nomor-nomor cantik itu adalah 11, 111, 1111, dan 11111.

Menurut rencana, mantan Wapres RI Jusuf Kalla akan berkunjung ke pameran kartu pos di Museum Perangko TMII sore ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com