Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Pacar, Laptop Tua Disulap Jadi Tablet PC

Kompas.com - 24/11/2011, 22:52 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Seorang mahasiswa senior di China mempunyai cara unik untuk menyenangkan pacarnya. Ia membuat tablet PC rakitan dari laptop bekas untuk sang kekasih.

Wei Xinlong, mahasiswa itu, dan pacarnya Sun Shasha merupakan mahasiswa Jurusan Seni dan Desain di Northeast Normal University, Changchun, ibu kota Provinsi Jilin. Keduanya sama-sama berasal dari daerah pedesaan.

Demi cintanya kepada Sun, Wei membeli laptop bekas seharga 500 yuan atau lebih kurang Rp 900.000. Ia kemudian merakitnya menjadi sabak digital ala iPad. Wei membutuhkan 10 hari untuk menyulap laptop tadi dan menghabiskan biaya total 800 yuan atau sekitar Rp 1,1 juta.

Ukuran tebal dan berat tablet PC rakitan Wei itu hampir sama dengan buku setebal 400 halaman. Namun, kemampuannya hampir sama dengan tablet PC buatan pabrik. "Kita dapat membaca, mengunduh, menonton film, bermain gim dengan hanya menyentuh layar," kata Wei.

Kado unik ini sengaja dibuat oleh Wei karena ia tidak punya cukup uang untuk membelikan komputer baru untuk Sun. Karena tekadnya kuat untuk kado kepada sang pujaan hati, ia pun belajar dari video di internet tentang cara membuat tablet PC.

"Main board, kartu video, CPU, dan layar semua dari laptop tua, tetapi saya membeli layar sentuh dan baterai secara online," kata Wei.

Tidak disebutkan seperti apa spesifikasi perangkat digital buatan Wei itu. (China Daily/Asia News Network)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com