Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota: Orang Masih Seenaknya Buang Sampah!

Kompas.com - 25/11/2011, 20:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wali Kota Jakarta Barat Burhanuddin meminta semua pihak untuk mengatasi masalah kebersihan lingkungan, terutama sampah. "Kebersihan lingkungan di DKI Jakarta sangat kompleks karena Jakarta sebagai kota dunia, pusat pemerintahan, pendidikan, dan perdagangan sehingga perlu kepedulian semua pihak untuk mengatasinya," kata Burhanuddin pada acara dialog interaktif pemberdayaan masyarakat dalam penanganan limbah keluarga di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jumat (25/11/2011).

Untuk dapat keluar dari masalah kebersihan, limbah, dan sampah perlu mengubah cara berpikir disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan tepat guna. Melalui penerapan teknologi tepat guna berorientasi pada partisipasi masyarakat berupa perubahan tata nilai serta perilaku masyarakat.

"Kenyataan yang sering kita lihat, orang masih seenaknya membuang sampah di tempat sembarangan. Membuang kantong plastik atau gelas dan botol plastik ke jalan seolah-olah jalan menjadi tempat pembuangan sampah. Kita belum disiplin dan tidak menaati peraturan menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Wali Kota Jakbar mencontohkan Singapura. Di sana orang membuang sampah sembarangan benar-benar dikenai denda. "Yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah sampah di Jakarta Barat adalah memanfaatkan kembali daur ulang dimulai dari skala rumah tangga dan dari setiap sumber penghasil sampah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com