Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Lalu Lintas Umumnya Kelalaian Pengendara

Kompas.com - 28/11/2011, 12:15 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada umumnya kecelakaan lalu lintas terjadi karena kelalaian pengendara. Berkaitan dengan itu, Kepala Polda Metro Jaya Irjen Untung S Rajab mengingatkan pengendara untuk lebih disiplin dan memantuhi peraturan lalu lintas.

"Sebagian besar penyebabnya adalah kelalaian pengendara ketimbang mechanic error atau akibat mesin kendaraan," kata Untung, saat pengarahan apel Operasi Zebra 2011, Senin (28/11/2011) pagi.

Kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun 2011 ini sampai Oktober sudah menelan korban jiwa 844 orang. Korban tewas itu sebagian besar adalah pengendara sepeda motor.

Untuk itu, Untung meminta pengendara disiplin serta mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas.

"Pada umumnya kelalaian pengemudi adalah tidak memiliki SIM, kemudian ugal-ugalan di jalanan. Inilah penyebab tingginya angka tewasnya pengendara," ungkapnya.

Mengenai Operasi Zebra 2011, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas mengatakan, operasi kelalulintasan ini berlangsung  28 November hingga 8 Desember 2011. Tujuannya adalah menekan angka kecelakaan dan angka pengendara yang tewas di jalanan.

"Operasi tersebut ditujukan untuk menertibkan para pengguna kendaraan baik umum maupun pribadi, juga untuk mengantisipasi jatuhnya korban kecelakaan," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com