Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KRL Tunggu Tersedia di Tiap Stasiun Transit

Kompas.com - 05/12/2011, 11:08 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator kereta rel listrik (KRL) menyediakan KRL khusus yang menunggu penumpang transit. Kebijakan ini diambil guna memperlancar peralihan penumpang di lima stasiun transit.

"Setiap stasiun transit akan disediakan kereta tunggu," kata Makmur Syaheran, Sekretaris Perusahaan PT Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) di Stasiun Manggarai, Senin (5/12/2011).

Dengan adanya penerapan enam rute baru KRL yang memangkas 37 rute sebelumnya yang saling bersilangan, Makmur mengakui adanya kebutuhan untuk menambah jumlah KRL khusus yang menunggu penumpang di stasiun transit. KRL-KRL tersebut akan menunggu penumpang yang beralih dari beberapa kereta dari arah berbeda untuk diberangkatkan ke stasiun tujuan yang sama.

Lima stasiun transit yang akan menjadi lokasi kereta tunggu adalah Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jatinegara, dan Stasiun Duri.

Dua jurusan yang menjadi fokus KRL tunggu akan segera mendapatkan tambahan KRL tunggu, yaitu Manggarai-Tanah Abang dan Jatinegara-Senen. "Kami akan mengembangkan perjalanan sesuai kebutuhan," kata Makmur.

Terkait perubahan rute, Makmur menjelaskan langkah tersebut harus diambil untuk bisa menambah jumlah perjalanan kereta. "Banyaknya persilangan rute sebelumnya membuat headway KRL sulit ditingkatkan," kata Makmur.

Pemangkasan rute diharapkan dapat meningkatkan perjalanan KRL menjadi 514 perjalanan per hari dari sebelumnya 462 perjalanan per hari.

"Ini penting untuk mengantisipasi kenaikan penumpang rata-rata 7 juta per tahun," kata Makmur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com