Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini Tarif BORR Naik Rp 500

Kompas.com - 06/12/2011, 08:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan tarif Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) resmi diberlakukan mulai Selasa (6/12/2011) pukul 00.00, sebesar Rp500 untuk setiap golongan. Humas PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Drajat, menyebutkan situasi arus tol BORR dihari pertama berlangsung normal.

"Situasi arus berlangsung normal karena kami sudah melakukan sosialisasi kenaikan sebelumnya, jadi pengguna tol sudah banyak yang mengetahui adanya kenaikan," katanya saat dihubungi.

Drajat menyatakan tidak ada perubahan volume arus lalu lintas kendaraan sesudah diberlakukannya kenaikan tarif. "Kalau berdasarkan jumlah belum ada perubahan, masih normal. Data trafick baru akan dievaluasi besok pagi (Rabu)," kata Drajat.

Tarif tol BORR mulai naik tanggal 6 Desember 2011. Tarif yang tadinya Rp 3.000 untuk golongan I menjadi Rp 3.500, begitu juga untuk golongan II, III hingga IV. Sedangkan untuk golongan V naik Rp 1.000.

Direktur Utama PT MSJ M Zahir Siregar, mengatakan kenaikan tarif tersebut dilakukan dalam rangka menjaga iklim investasi, terutama pengembalian modal investor. Serta dalam rangka peningkatan pelayanan dan penyesuaian terhadap pengaruh inflasi.

Ketentuan kenaikan tarif tersebut diatur dalam Undang-Undang nomor 38/2004 tentang jalan. Peraturan Pemerintah (PP) nomor 15/2005 tentang jalan tol, sebagaimana diubah dengan peraturan PP nomor 44/2009, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun, berdasarkan tarif lama disesuaikan dengan pengaruh inflasi.

"Kenaikan tarif sudah sesuai aturannya bahwa setiap dua tahun sekali selalu ada kenaikan tarif. Kenaikan ini juga sudah diputusakan dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum nomor 383/KPTS/M2011 tentang penyesuaian tarif tol BORR seksi I," kata Zahir.

Tol BORR seksi I memiliki panjang ruas jalur sejauh 3,8 kilo meter yang menghubungkan Sentul Selatan dengan Kedung Halang. "Tarif sudah sesuaikan dengan perhitungan waktu tempuh. Menurut kami jumlah tersebut tidak tergolong mahal jika kami mengukur dari jarak tempuhnya," katanya.

Zahir optimistis kenaikan tarif tidak mempengaruhi target trafik Tol BORR, di mana setiap harinya rata-rata 24.000 untuk dua arah. Sementara target trafik tol BORR 2011 ini untuk satu arah sebesar 19.000. Meski belum memenuhi target, namun Zahir optimistis pencapaian target terpenuhi hingga akhir tahun.

Selain melakukan kenaikan tarif, tol BORR bersama Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Kota dan Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) melakukan uji coba perubahan arus lalu lintas di Simpang Kedung Halang.

Berikut daftar tarif baru Tol BORR Seksi I : Golongan Tarif lama (Rp) Tarif baru (Rp) I 3.000 3.500 II 4.500 5.000 III 6.000 6.500 IV 7.500 8.000 V 9.000 10.000. (Antara/ink)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com