Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depok Panik Hepatitis A

Kompas.com - 10/12/2011, 08:20 WIB

Depok, Kompas - Serangan virus hepatitis A di SMAN 4 Depok, Jawa Barat, memicu kepanikan siswa, orangtua, dan para guru. Sedikitnya 32 siswa tidak bisa mengikuti ujian karena sakit, 6 di antaranya positif terserang virus, 13 dinyatakan terduga, dan lainnya punya gejala sama.

”Saya bingung, anak saya mau ujian malah sakit. Padahal, dia sedang giat menyiapkan ujian, sementara saya jauhkan buku-buku itu. Biar dia sembuh dulu di rumah sakit,” tutur Eti (39), orangtua Ine (bukan nama sebenarnya), siswa yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Simpangan, Depok, Jumat (9/12).

Eti membawa anaknya ke rumah sakit pada Rabu (7/12) pukul 19.00. Saat itu, Ine sudah dalam kondisi lemas, panas tinggi, pusing, muntah-muntah, mata kuning, serta air seni keruh.

Eti segera mengambil langkah, melupakan sementara bahwa anaknya sedang menghadapi ujian semester.

”Saya segera minta anak saya diperiksa lab, ternyata dia positif terserang hepatitis A,” kata Eti.

Saat Kompas mengunjungi Ine, dia terkulai lemas di Ruang Anggrek Rumah Sakit (RS) Simpangan. Sejak masuk ruang perawatan, dia langsung diinfus. ”Saya belum bisa makan seperti biasa, rasanya mual,” kata siswa kelas 10 SMAN 4 Depok itu.

Sejumlah siswa juga menjalani perawatan di RS. Ada yang dirawat di RS Mitra Keluarga Depok, Puskesmas Cimanggis, RS Hermina, dan RS Hasanah Graha Afiah.

Serangan virus hepatitis A di SMAN 4 Depok terjadi sejak 22 November. Ketika itu ada salah seorang siswa kelas 12 IPA 3 lemas hingga kemudian tidak masuk sekolah. Kemudian, siswa lain mengalami gejala sama. Kurang dari seminggu, sebanyak 32 siswa tidak masuk sekolah karena sakit.

Awal November lalu, serangan virus hepatitis A juga menyerang Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok. Sebanyak 90 siswa dinyatakan positif. Pemerintah Kota Depok lalu menyatakan status kejadian luar biasa.

Buka posko

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com