Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunduran Diri Prijanto Sinyal Bagus Pilkada 2012

Kompas.com - 27/12/2011, 17:27 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengunduran diri Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto masih menjadi buah bibir. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera  Selamat Nurdin menyampaikan bahwa hal tersebut menjadi pelajaran bagi partai politik dalam  Pemilihan Umum Kepala Daerah atau Pilkada DKI Jakarta mendatang.

"Karena mundurnya menjelang pemilukada, ini sinyal yang bagus untuk meramaikan pemilukada," kata Selamat, seusai pertemuan dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (27/12/2011).

Menurut dia, pengunduran diri Prijanto saat ini merupakan pelajaran bagi partai-partai politik untuk melakukan koalisi secara permanen sehingga calon terpilih yang diusung oleh suatu partai politik ini tidak mendadak mundur saat masih harus menyelesaikan jabatannya.

"Tiba saatnya sekarang untuk ada koalisi permanen dan tidak lagi beli putus. Ini pelajaran berharga," tutur Selamat.

Meskipun demikian, ia mengapresiasi langkah yang diambil oleh Prijanto walaupun waktunya terlambat. Ia juga mengaku berempati dan dapat menerima alasan pengunduran diri dari wakil gubernur yang juga aktif menulis buku tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar DKI Jakarta (Sekjen DPD Partai Golkar DKI Jakarta) Zainuddin menilai bahwa sebagai partai yang pernah mendukung pasangan Fauzi Bowo-Prijanto, hal ini merupakan pelajaran berharga sehingga pada Pilkada 2012 akan ada evaluasi.

"Pada 2007, Golkar itu pendukung utama. Golkar menghargai keputusan ini, tapi tetap kami harus melakukan evaluasi lagi agar lebih baik ke depannya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com