Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sore Ini Perjalanan Perdana Transjakarta Koridor XI

Kompas.com - 28/12/2011, 10:54 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meresmikan pembukaan rute terbaru Koridor XI bus Transjakarta Kampung Melayu-Pulo Gebang. Menurut rencana, perjalanan perdana rute ini akan diberangkatkan pada Rabu (28/12/2011) pukul 14.00 WIB.

"Sudah bisa langsung mengangkut penumpang. Satu unit bus bisa mengangkut 130 penumpang per perjalanan," kata M Akbar, Kepala BLU Transjakarta yang mendampingi Gubernur dalam peresmian di Halte Busway Wali Kota Jakarta Timur pagi ini.

Koridor XI akan dilayani 21 unit bus jenis articulated bus/bus gandeng. Pihak BLU menargetkan, koridor terbaru ini bisa mengangkut penumpang sebanyak 130.000 orang per hari. Penumpang Koridor XI yang memiliki panjang lintasan 11,76 kilometer akan dilayani melalui 15 halte penumpang.

Di lintasan itu juga terdapat 14 jembatan penyeberangan orang (JPO). Ada dua titik transfer penumpang dengan jalur transjakarta lainnya, masing-masing dengan Koridor V Kampung Melayu-Ancol di Halte Kampung Melayu, dan Koridor X Cililitan-Tanjung Priok di Halte fly over Jatinegara.

Gubernur DKI Fauzi Bowo dalam sambutannya berharap, kehadiran koridor baru ini akan memperkuat jaringan koneksi antarmoda. "Transportasi masih menjadi prioritas kita," kata Fauzi.

Dia berharap titik persinggungan dengan moda transportasi KRL di Stasiun Jatinegara akan dikembangkan untuk melengkapi interkoneksi antara dua moda transportasi umum yang diandalkan pemerintah saat ini. Koridor XI sendiri masih menyisakan satu halte yang menjadi tujuan akhir, yaitu halte Terminal Pulo Gebang.

"Rencananya Juni 2012 sudah bisa sampai ke Pulo Gebang. Kami tinggal menunggu selesainya pembangunan terminal baru," kata M Akbar.

Saat ini, rute perjalanan dari Kampung Melayu baru sampai pada titik akhir di Halte Wali Kota Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com