Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Buruh Demo di Gubernuran Banten

Kompas.com - 29/12/2011, 18:30 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

SERANG, KOMPAS.com - Ribuan buruh dari aliansi serikat buruh dan serikat pekerja Tangerang Raya hingga Kamis (29/12/2011) petang masih memadati ruas jalan di depan Kantor Gubernur Banten di Serang, Banten. Mereka menuntut revisi upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2012 Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan menjadi Rp 1.529.150 per bulan.

Selain itu para buruh juga menuntut pencabutan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 17/2005, reformasi dewan pengupahan, serta penghapusan sistem kerja kontrak dan outsourching.

Beberapa perwakilan buruh kemudian berdialog dengan Wakil Gubernur Banten Mohamad Masduki serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten Eutik Suarta di pendapa Gubernuran Banten.

Namun hingga menjelang Maghrib pertemuan belum menghasilkan keputusan yang memuaskan para buruh. Para buruh kemudian keluar dari pendapa dan bertekad untuk bermalam hingga tuntutan mereka, terutama revisi UMK 2012, disetujui.

"Kami saat ini masih menunggu disetujuinya tuntutan kami," kata juru bicara Aliansi Serikat Buruh/Serikat Pekerja Kota Tangerang, Sasmita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com