Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Akan Bebersih Bersama Laskar Pelangi

Kompas.com - 01/01/2012, 05:09 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah kemeriahan perayaan malam Tahun Baru yang dipadati ratusan ribu pengunjung, tebaran sampah bekas tempat makanan dan minuman memenuhi kawasan Ancol, Jakarta. Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo akan kembali berkunjung ke Ancol di awal tahun ini untuk bersih-bersih.

Kali ini, Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, akan melakukan kegiatan bersih-bersih bersama Menteri Pariwisata dan Perekonomian Kreatif, Marie Elka Pangestu. Akan ikut juga rombongan anak-anak dari Laskar Pelangi bersama dengan Mira Lesmana dan Riri Riza.

"Pagi saya akan kembali lagi untuk mengumpulkan sampah yang ada di Ancol," kata Foke, di Ancol, Jakarta, Sabtu (31/12/2011).

Ia juga menambahkan bagi warga Jakarta yang ikut terlibat dan berhasil mengumpulkan sampah dalam jumlah banyak maka akan mendapat insentif. Karena itu, ia mengajak warga Jakarta untuk ikut serta dalam kegiatan bersih Ancol ini.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa ini merupakan salah satu langkah untuk mengedukasi warga Jakarta yang berkunjung ke Ancol bahwa tidak semestinya sampah dibuang sembarangan karena akan merusak lingkungan dan pemandangan.

"Meningkatkan kesadaran itu memang tidak mudah tapi saya yakin warga Jakarta mampu untuk lebih baik," kata Budi.

Menurutnya, buang sampah sembarangan tersebut untuk sebagian warga Jakarta seakan menjadi kebiasaan. Sementara kebiasaan itu sulit diubah sehingga menjadi kendala untuk melaksanakan tindakan kecil yang berdampak besar yakni buang sampah pada tempatnya.

"Kendalanya itu mengubah kebiasaan masyarakat. Selain itu, masyarakat juga belum dibekali dengan kemampuan untuk mengelola dan mengolah sampah," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com