Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ormas Bentrok di Ciledug, Dua Luka

Kompas.com - 02/01/2012, 18:32 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bentrokan terjadi antardua kelompok organisasi massa, yakni Forum Betawi Rempug dan Pemuda Pancasila di Jalan Raden Fatah, Ciledug, Tangerang Selatan, Senin (2/1/2011) pukul 02.00. Seorang anggota dari masing-masing kelompok itu terluka.

Kapolsek Metro Ciledug Komisaris Sukiman mengatakan, bentrokan bermula saat anggota salah satu ormas mencopot paksa atribut, berupa bendera, milik ormas lainnya. Hal tersebut memicu ketegangan di antara kedua ormas, yaitu Pemuda Pancasila (PP) dan Forum Betawi Rempug (FBR).

Saat itu, delapan anggota PP kemudian terlibat adu jotos dengan lima anggota FBR. Baku hantam tak terelakkan terjadi di pinggir jalan di dekat pangkalan ojek.

Akibatnya, dua orang terluka, yakni satu anggota FBR yang mengalami luka gores di bagian kelingking kanan, satu lagi anggota PP yang mengalami luka sabet di pergelangan tangan.

"Kami menemukan sebuah pisau, tetapi tidak ada yang mengaku itu punya siapa," ujar Sukiman.

Seluruh pelaku tawuran sudah dimintai keterangan di Polsek Metro Ciledug. Setelah itu, mereka langsung dipulangkan karena polisi tidak menemukan bukti kuat.

"Kami sudah himpun keterangan, mereka sudah dipulangkan sambil kami kembangkan kasusnya," tutur Sukiman.

Menurutnya, ketegangan kedua kelompok itu sudah menjadi momok di banyak tempat, termasuk di Kembangan, Jakarta Barat. Ia menduga peristiwa pada dini hari tadi merupakan rentetan peristiwa yang terjadi di kawasan itu beberapa waktu lalu. Kedua ormas juga sering terlibat perkelahian di beberapa wilayah di Jakarta Selatan.

"Penyebabnya biasanya selalu sepele, misalnya karena mencopot bendera atau atribut, tidak terima," papar Sukiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com