Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Metromini Khawatirkan Koridor XI

Kompas.com - 02/01/2012, 20:26 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengoperasian bus transjakarta Koridor XI jurusan Kampung Melayu-Pulogebang membuat sopir metromini khawatir. Para sopir mengaku, beroperasinya transjakarta dengan trayek yang sama dengan rute mereka dapat mengurangi pendapatan.

Hal tersebut seperti diungkapkan Apri (40), sopir metromini T 506 jurusan Kampung Melayu-Pondok Kopi, misalnya. Apri mengaku resah.

"Kami akan tersaingi. Sebelum ada busway saja penumpang sudah sepi. Pasti penumpang akan beralih ke busway. Sewa kami semakin jarang," ujarnya saat ditemui di Terminal Kampung Melayu, Senin (2/1/2012).

Kekhawatiran senada juga diungkapkan Slamet (45), yang juga sopir metromini T 506. Ia mengatakan, pemerintah juga harus memperhatikan nasib para sopir metromini yang trayeknya sama dengan transjakarta Koridor XI.

"Saya sangat berharap pemerintah memikirkan nasib kami, syukur-syukur saya ditarik menjadi sopir busway," ujar bapak beranak tiga tersebut.

Bahkan, lanjut Slamet, meski biaya setoran telah diturunkan dari Rp 400.000 menjadi Rp 200.000, ia kerap kekurangan membayar setoran sehari-harinya.

"Sehari-hari saya rata-rata dapat Rp 230.000. Jadi, sehari itu paling banyak saya cuma mengantongi Rp 30.000," lanjutnya.

Ia juga mengatakan, teman-temannya sesama sopir T 506 banyak yang telah "pensiun dini" menjadi sopir lantaran sulit membayar setoran. Ia sendiri mengaku telah memberitahukan kepada pemilik metromini tersebut jika masih kesulitan membayar setoran, akan minta berhenti dan pindah ke trayek lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com