Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepergok Mencuri Pagar, Pernikahan Kelima Batal

Kompas.com - 03/01/2012, 10:04 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Erfan (34), buruh bangunan asal Beji, Kota Depok, Jawa Barat, sedang kalut. Bulan ini, dia berencana menikahi Lia (22), calon tenaga kerja wanita yang akan berangkat ke Hongkong. Namun, Erfan belum memiliki modal cukup untuk membiayai pernikahannya yang kelima tersebut.

Di tengah kegalauan pikirannya itu, pada pengujung tahun 2011, dia merencanakan kejahatan bersama dua temannya, SU dan Y, Sabtu (31/12/2011) malam. Erfan mengenal dua temannya itu sering mencuri barang berharga di rumah tak berpenghuni. Ketiganya sepakat mencuri di rumah tak berpenghuni saat orang lelah seusai merayakan pesta pergantian tahun.

Mereka mendekati rumah tak berpenghuni yang ditinggal pemiliknya selama tiga tahun di Jalan Kartini, RT 03 RW 09 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas.

Minggu sekitar pukul 03.00 sampai pukul 04.00, ketiganya beraksi. Berbekal tang, gergaji, dan obeng, mereka menggasak teralis dan pagar besi rumah.

Sayangnya, aksi tersebut kepergok dua pedagang nasi uduk yang biasa mangkal di sana. Tanpa banyak bicara, keduanya pun melaporkan kasus itu kepada warga setempat dan pengurus RT.

Di tengah kepanikan, SU dan Y melarikan diri sekencang-kencangnya. Sementara Erfan berpura-pura tidur di lokasi.

Warga pun dengan mudah menangkap Erfan, sedangkan SU dan Y lolos dari penyergapan.

”Saya mabuk waktu itu, tidak tahu jika ditangkap warga,” kata Erfan saat ditemui di ruang tahanan Markas Kepolisian Sektor Pancoran Mas, Senin (2/1/2012).

Kepala Reserse Kriminal Polsek Pancoran Mas Ajun Komisaris Sah Johan meragukan pengakuan Erfan. ”Dia sembunyi dari penyergapan warga dengan pura-pura tidur,” kata Johan.

Atas perbuatannya itu, Erfan terancam hukuman di atas lima tahun penjara. SU dan Y yang kini dalam perburuan polisi juga terancam hukuman sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com