Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Badai Katrina di Jakarta Cuma "Hoax"

Kompas.com - 07/01/2012, 11:57 WIB
Ary Wibowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Informasi mengenai akan datangnya badai Katrina di wilayah Jakarta dan sekitarnya seperti yang tersebar melalui BlackBerry Messenger (BBM) adalah berita bohong (hoax). Disebutkan dalam pesan berantai itu, sumber informasi mengenai badai ini adalah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Saya tegaskan info (badai Katrina) itu tidak benar. Kita tidak pernah memprediksikan info itu," ujar Kepala BMKG Sri Woro B Harijono saat dikonfirmasi Kompas.com di Jakarta, Sabtu (7/1/2012).

Ia menjelaskan, curah hujan di Jakarta dan sekitarnya sepanjang Januari hingga Maret nanti memang sangat tinggi. Namun, menurut dia, berdasarkan pantauan BMKG, level kekuatan angin di Jakarta dan sekitarnya masih rendah, yakni di bawah 60 km per jam.

"Bisa dikatakan badai itu kalau sudah di atas 60 km per jam. Lalu, bisa mencapai 120 km per jam, lebih dari level itu baru bisa dikatakan badai tropis. Tapi, sejauh ini level tiupan angin masih di Jakarta dan sekitarnya masih dalam level rendah. Jadi info BBM itu tidak benar," jelasnya.

Meski demikian, Sri Woro tetap mengimbau agar masyarakat Jakarta dan sekitarnya tetap selalu waspada terhadap kondisi ini. Ia mengatakan, masyarakat harus tetap waspada menjelang akhir Januari hingga awal Februari karena curah hujan diperkirakan akan lebih tinggi dari tahun lalu.

"Jadi, kami minta agar masyarakat selalu bawa jas hujan dan payung kalau keluar rumah. Lalu tidak berdiri dekat dengan pohon atau papan reklame agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," sarannya.

Pada Sabtu pagi ini beredar informasi melalui BBM bahwa malam hari ini nanti diperkirakan akan terjadi badai Katrina di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Berikut isi BBM tersebut: "BMG memprediksikan akan terjadi badai KATRINA di Jakarta dan sekitarnya. Badai katrina pernah terjadi di Florida dan mengakibatkan tsunami besar yang menelan banyak korban. BMG mengumumkan agar warga Jakarta dan sekitarnya untuk berhati-hati bepergian selama musim hujan ini..karena dilihat dari cuaca yang sudah terjadi, badai itu kemungkinan besar akan terjadi pada malam ini."

Kepala Sub-bidang Informasi Publik BMKG Hary Tirto Djatmiko di Jakarta, Senin (2/1/2012), mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan deras disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia, termasuk Jakarta, pekan ini.

Tingginya pasang laut dan tingginya curah hujan di hulu berpotensi menimbulkan banjir dan rob di Ibu Kota. Berdasarkan data BMKG, pada Januari hingga Maret nanti diperkirakan Jakarta, Bogor, dan Depok diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada sore dan malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com