Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Istana Paling Rawan Ranjau Paku

Kompas.com - 08/01/2012, 12:30 WIB
D. Wisnu Widiantoro

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kawasan Istana Negara merupakan kawasan paling rawan penyebaran ranjau paku. Tidak tanggung-tanggung dalam sehari lebih dari 2 kilogram paku disebar di kawasan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komunitas Relawan Sapu Bersih Ranjau (Saber) Paku.

"Dari mabesad (Jalan Medan Merdeka Utara) hingga depan Setneg (Jalan Majapahit) kawasan paling rawan ranjau paku," ujarnya saat ditemui Kompas di Jalan KH Hasyim Ashari dalam rilis hasil operasi ranjau paku, Minggu (8/1/2012).

Dari sekitar 300 kilogram ranjau paku yang ditunjukkan kepada wartawan dan pengendara motor tersebut, 30 persennya adalah hasil operasi di Kawasan Istana Negara. Sedangkan sisanya merupakan hasil operasi selama 4 bulan di ruas jalan antara Terminal Grogol hingga Harmoni.

Menurut dia, jumlah tersebut bukanlah jumlah yang sedikit, karena Jalan Medan Merdeka Utara dan Majapahit adalah Ring 1 Kepresidenan.

Selain untuk kampanye kawasan ranjau paku kepada pengendara, rilis tersebut juga untuk "menyentil" pihak-pihak terkait agar lebih peduli dengan penyebaran ranjau paku. Selain menimbulkan kerugian materi, penyebaran ranjau paku juga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com