Rabu, 1 Oktober 2014

News / Megapolitan

Kriminalitas

Dalam Sehari, 1,5 Kilogram Paku Disebar di Jalan

Selasa, 10 Januari 2012 | 11:21 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Keselamatan dan kenyamanan para pengendara kendaraan bermotor semakin terganggu dengan ribuan paku yang ditebar oknum yang mencari keuntungan di jalan-jalan ramai arus lalu lintas. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bahkan mencatat ada 1,5 kilogram paku yang ditebar di jalan-jalan Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang setiap harinya.

”Sekitar 1,5 kilogram setiap hari ada saja paku yang ditebar oknum tidak bertanggung jawab,” ungkap Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Wahyono, Selasa (10/1/2012), di Mapolda Metro Jaya.

Dia mengatakan, sejak ancaman ranjau paku mulai dirasa meresahkan masyarakat, aparat kepolisian meningkatkan patrolinya di wilayah-wilayah rawan ranjau paku. Namun, hal ini justru mudah dibaca pelaku. Akibatnya, wilayah ranjau paku kemudian berpindah-pindah di lokasi dan waktu yang leluasa dari lalu lalang patroli kepolisian.

Sementara untuk menangkap pelaku penebar ranjau paku ini, Ditlantas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan reserse kriminal umum. Selama tahun 2011, Polda Metro Jaya hanya menangkap tiga orang terkait ranjau paku. Tiga orang itu, yakni dua orang berperan sebagai penebar paku dan seorang lagi merupakan tukang tambal ban yang berkomplot dengan penebar paku.

”Para penyebar paku dan tambal ban ini biasanya memang saling berkomplot. Tetapi, tidak semua yang berprofesi tambal ban terlibat dalam tindak kejahatan itu,” kata Wahyono.

Untuk membersihkan jalanan dari ranjau paku, lanjutnya, kepolisian juga bekerja sama dengan kelompok masyarakat yang peduli akan keselamatan berkendara. Dari kelompok masyarakat ini juga polisi mulai mendata jalan-jalan yang dianggap rawan ranjau paku.

”Kami mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk selalu waspada di titik-titik yang rawan ditemukan ranjau paku,” tutur Wahyono.

Adapun jalan-jalan yang rawan ranjau paku adalah sebagai berikut: Jakarta Selatan: 1. Jalan Gatot Subroto 2. Jalan TB Simatupang 3. Jalan Fatmawati 4. Jalan Raya Pasar Minggu 5. Jalan Sultan Agung 6. Jalan Cassablanca. Jakarta Pusat: 1. Jalan Hayam Wuruk 2. Di sekitar jalan Medan Merdeka 3. Jalan Jenderal Sudirman. Jakarta Timur: 1. Sepanjang jalan dari traffic light Pondok Ungu sampai jembatan banjir kanal timur, Cakung 2. Jalan Raya Bogor.  Jakarta Barat: 1. Jalan S Parman


Penulis: Sabrina Asril
Editor : Hertanto Soebijoto