Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

53 Sampel Unggas dari Rumah Puguh, Negatif Flu Burung

Kompas.com - 10/01/2012, 16:16 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 53 sampel darah dan feses unggas yang diambil di sekitar rumah korban virus flu burung, Puguh Dwi Yanto, terbukti negatif terjangkit virus H5N1 sehingga dapat dipastikan kondisi di sekitar lokasi rumah korban aman dari penyebaran virus flu burung.

"Hasil tes unggas dari sekitar lokasi kejadian para pasien yang terkena flu burung, semuanya negatif. Jadi aman," kata Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Ipih Ruyani, di Balaikota, Jakarta, Selasa (10/1/2012).

Dari 53 sampel unggas tersebut, terdiri dari 12 ekor ayam buras, 33 burung dara, dua burung ocehan, dua burung hias, dan empat entok. Semuanya terbukti aman dari virus flu burung.

Namun, pengawasan tetap akan dilakukan oleh pihaknya. Untuk hari ini, penyisiran kembali dilakukan di tiga wilayah, yakni Jakarta Barat di Kelurahan Semanan, wilayah Jakarta Timur di Kecamatan Cipayung, dan wilayah Jakarta Selatan di Kecamatan Tebet. Penyisiran ini sudah dimulai sejak pukul 12.00 tadi dengan dipimpin oleh suku dinas wilayah yang berkaitan.

"Langkah ini adalah antisipasi untuk pencegahan penularan virus dari hewan ke manusia," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta juga memberikan penyuluhan terkait Peraturan Daerah (Perda) No 4 Tahun 2007 tentang Pengendalian Pemeliharaan dan Peredaran Unggas di Wilayah Provinsi DKI Jakarta untuk mencegah jatuhnya korban flu burung di wilayah Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com