Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi dan Foke Masuk Survei Cagub PDI-P

Kompas.com - 10/01/2012, 18:27 WIB
Ary Wibowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPP Bidang Politik PDI-Perjuangan, Puan Maharani, mengungkapkan, partainya saat ini sudah memiliki sejumlah nama yang akan diusung dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Dari sejumlah nama itu, dua calon yang kini tengah diperhitungkan oleh PDI-P adalah Wali Kota Solo Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

"Sampai saat ini sudah muncul 10 nama di internal. Dua nama itu merupakan salah satu nama yang akan kami masukan dalam survei yang akan kami lakukan," ujar Puan usai menghadiri perayaan HUT Ke-39 PDI-P di Kantor DPP PDI-P, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2012).

Puan mengatakan, dalam survei internal yang rencananya akan dilaksanakan akhir Januari ini dimaksudkan untuk melihat elektabilitas dan popularitas dari sejumlah calon tersebut. Namun, kata Puan, sampai saat ini PDI-P masih terus melakukan komunikasi dan lobi-lobi politik secara tertutup agar proses tersebut dapat berjalan lancar.

"Jokowi menjadi salah satu nama yang masuk. Tapi, kita lihat dulu elektabilitas dan popularitas Jokowi di Jakarta, karena DKI beda dengan Jateng. Kita tidak mau memberikan ruang kepada kader yang punya potensi, tapi kurang pas tempatnya. Untuk Foke, akan kita masukan juga dalam survei," paparnya.

Puan menambahkan, usai melakukan survei internal itu, nantinya akan dibuat peringkat dari sejumlah nama calon tersebut. Namun, anggota Komisi VI DPR itu enggan memberikan informasi ihwal nama-nama yang diperkirakan menduduki peringkat tertinggi dalam survei tersebut.

"Kan belum selesai. Kita baru mulai awal tahun, dan kita harapkan akhir bulan akan keluar nama-namanya," kata Puan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com