Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terhalang Demo Buruh, Sopir Menunggu sejak Pagi

Kompas.com - 11/01/2012, 14:13 WIB
Cokorda Yudhistira

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Akses ke kawasan industri MM2100, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, sampai Rabu (11/1/2012) siang ini masih ditutup akibat aksi unjuk rasa buruh dan pekerja di kawasan industri itu.

Akibatnya, antrean kendaraan memanjang di sepanjang jalan menuju kawasan industri MM2100.Kendaraan angkutan karyawan dan angkutan distribusi barang, yang menuju kawasan industri, belum bergerak. Sejumlah sopir terlihat menunggu di dalam kendaraannya.

"Dari jam 6 tadi belum bisa masuk pabrik. Biasanya jam 5 sudah masuk dan jam 7 sudah bisa berangkat lagi," ujar Dori, seorang sopir angkutan barang, yang ditemui di dekat gerbang tol Cibitung Selatan.

Aktivitas di kawasan industri MM2100 nyaris tidak bergerak menyusul aksi unjuk rasa buruh dan pekerja di kawasan industri tersebut.

Aksi unjuk rasa ini digelar kalangan buruh dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Serikat Pekerja Nasional, dan Gerakan Serikat Pekerja Manufaktur Independen Indonesia, terkait gugatan Apindo Bekasi atas Keputusan Gubernur Jawa Barat tentang Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) 2012.Kalangan buruh menuntut Apindo Bekasi mencabut gugatan mereka atas UMK 2012 dan mendesak pihak pengusaha melaksanakan SK Gubernur Jawa Barat yang menetapkan UMK Bekasi 2012 sebesar Rp 1,49 juta.

Penutupan akses ke kawasan industri MM2100 berimbas pada tersendatnya arus lalu lintas di jalan tol Jakarta Cikampek, terutama arus kendaraan yang mengarah Cikampek. Pantauan petugas di gerbang tol Cibitung Selatan menyebutkan, laju kendaraan tersendat mulai wilayah Cikunir, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. "Sudah empat jam lebih stagnan," kata petugas gerbang tol setempat. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com