Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Ciujung Meluap, Ratusan Rumah di Lebak Terendam

Kompas.com - 14/01/2012, 17:57 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

LEBAK, KOMPAS.com - Sungai Ciujung di Kabupaten Lebak, Banten pada Sabtu (14/1/2012) meluap akibat derasnya hujan belakangan ini. Akibatnya, banyak rumah warga - terutama di bantaran sungai - yang terendam dengan kedalaman bervariasi, hingga sekitar 1,5 meter.

"Hujan mengguyur sejak kemarin. Tadi pagi air mulai naik. Di sini saja ada 450 unit rumah yang terendam," kata Asep, seorang warga Kelurahan Cijoro Lebak.

Beberapa warga terlihat mengeluarkan perabotan rumah tangga ke tempat yang lebih tinggi. Terlihat pula beberapa warga yang berembug untuk mengatur penjagaan di kampung. Apalagi, ada rumah warga yang turut tergenang banjir namun penghuninya sedang pergi ke luar daerah.

Kesibukan warga memindahkan barang juga tampak di Kampung Lebak Sambel, Desa Cijoro Lebak yang berlokasi di sekitar Jembatan Dua Rangkasbitung. Ada sekitar 300 unit rumah yang terendam di sepanjang bantaran sungai sekitar kaki jembatan tersebut.

Pos kesehatan didirikan di dekat Jembatan Dua untuk melayani warga yang membutuhkan bantuan. Sementara itu banyak warga yang berada di jembatan menyaksikan debit Sungai Ciujung yang meluap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com