Selasa, 21 Oktober 2014

News / Megapolitan

Imlek

Tiket Kereta Api untuk Hari Ini Habis

Jumat, 20 Januari 2012 | 05:51 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Libur Imlek yang jatuh pada tanggal 23 Januari dan berdekatan dengan libur akhir pekan tampaknya betul-betul dimanfaatkan warga Jakarta untuk bepergian ke luar kota. Buktinya, tiket kereta api (KA) untuk berbagai tujuan ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur untuk keberangkatan Jumat (20/1/2012) di Stasiun Gambir telah ludes terjual.

"Tiket keberangkatan sebanyak 24.000 lembar untuk tanggal 20 Januari sudah habis terjual. Pemesanan tiket itu sudah dilakukan satu minggu sebelumnya," ujar Mateta Rizalulhaq, Kepala Humas PT KAI Daops I, Kamis (19/1/2012). Sedangkan untuk tiket tanggal 21-23 Januari saat ini masih tersedia sebanyak 80 persen dari jumlah total yang disediakan.

Dikatakan Mateta, peningkatan penumpang pun diprediksi akan terjadi mulai besok. Jika pada hari biasanya jumlah penumpang maksimal hanya sebanyak 6.000 orang, diprediksi besok akan meningkat sebanyak 5 persen, atau sebanyak 9.000 penumpang.

"Peningkatan jumlah penumpang itu biasa terjadi pada saat libur panjang. Seperti saat ini, Imlek jatuh pada hari Senin dan berdekatan dengan hari Sabtu dan Minggu yang termasuk hari libur," ucap Mateta.

Untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah penumpang, ditambahkan Mateta, pihaknya juga akan menambah perjalanan Kereta Argo Lawu dengan tujuan Jakarta-Solo pada pukul 21.05 mulai besok. Selain itu, pihaknya juga berencana menambah perjalanan Kereta Sembrani tujuan Jakarta-Surabaya dan perjalanan Kereta Cirebon Ekpress dengan tujuan Jakarta-Cirebon.

"Tapi untuk penambahan perjalanan dua kereta tersebut, yakni Sembrani dan Cirebon Ekspress, masih belum diketahui kepastiannya karena masih menunggu dan melihat kondisi yang ada," katanya.

Selain dapat membeli langsung di loket penjualan tiket, lanjutnya, pemesanan tiket keberangkatan juga bisa dilakukan secara online. "selain itu, pemesanan dan pembelian tiket juga bisa dilakukan di Kantor Pos serta minimarket yang bekerja sama dengan PT KAI ataupun melalui ATM," tandasnya.


Editor : Hertanto Soebijoto
Sumber: