Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Unjuk Rasa Siap Digelar di Kemeneg ESDM

Kompas.com - 20/01/2012, 12:50 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelompok yang menamakan dirinya "Kaum Tani" berniat menduduki DPR RI dan akan menggelar aksi unjuk rasa di kantor Kementerian Negara Energi dan Sumber Daya Mineral siang ini. Kelompok yang terdiri atas warga asal Bima, NTB dan warga Pulau Padang, Riau, itu hendak menuntut Menneg ESDM untuk merealisasikan janjinya.

"Kita mau tagih janji Menteri ESDM untuk menyurati bupati agar mencabut SK 188. Dia udah berjanji melakukan itu," kata Binbin Firman Tresnadi Koordinator Aksi untuk Penegakan Pasal 33 UUD '45 dari Serikat Tani Nasional (STN) di Jakarta, Jumat (20/1/2012). Aksi tersebut akan dilangsungkan mulai pukul 13.30 WIB siang ini. Di tempat terpisah aksi serupa digelar di Jalan Cabang 4, jalan menuju Pelabuhan Sape, Bima.

Sebelumnya, Menneg BUMN, telah menjanjikan kepada warga Bima dalam hubungan dengan Izin Usaha Pertambangan PT SMN. IUP diperoleh PT SMN berdasarkan SK Bupati Bima Nomor 188.45/357/004/2010. SK bupati dianggap warga Bima sebagai pemicu terjadinya kerusuhan berdarah di dekat Pelabuhan Sape beberapa waktu lalu.

Di lokasi aksi warga di depan gedung DPR RI juga akan diadakan acara diskusi publik mulai pukul 19.00 malam ini. Diskusi yang mengangkat tema Penyelesaian Konflik Agraria dalam Perspektif Pasal 33 UUD 1945 itu akan menghadirkan tiga pembicara utama. Mereka adalah Yudi Latif, Penulis buku Negara Paripurna, Airlangga Pribadi, pengajar Ilmu Politik FISIP UNAIR dan Mahasiswa program Doktoral Asia Research Centre Murdoch University serta Dominggus Oktavianus, Sekjen Komite Pimpinan Pusat PRD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com