Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkosaan dan Pencabulan Paling Dominan

Kompas.com - 23/01/2012, 16:10 WIB
Aufrida Wismi Warastri

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com- Pemerkosaan dan pencabulan pada anak ternyata menjadi kasus yang mendominasi laporan warga atas kasus kekerasan pada anak yang dilaporkan ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Sumatera Utara.

Ketua KPAID Sumut Zahrin Piliang, Senin (23/1/2012), mengatakan, dari 164 kasus pengaduan yang melibatkan anak di Sumut selama tahun 2011, lebih dari 30 persen diantaranya atau 64 kasus merupakan kasus pemerkosaan dan pencabulan. Tindakan pemerkosaan dan pencabulan itu dilakukan oleh keluarga sendiri, tetangga, guru, bahkan aparat penegak hukum.

"Ini menunjukkan semakin longgarnya nilai-nilai yang menjadi pencegah kasus itu muncul di masyarakat. Perlindungan keluarga, khususnya pada anak perempuan, juga semakin longgar," tutur Zahrin.

Kasus lainnya adalah perebutan hak kuasa asuh anak, dan penganiayaan," kata Zahrin.

Zahrin meminta Pemerintah Provinsi Sumut perlu memikirkan tempat yang aman bagi anak-anak korban dengan pembangunan rumah aman atau rumah sosial perlindungan anak.  

Selain itu, juga perlu dibangun pusat rehabilitasi bagi anak-anak yang berhadapan dengan hukum. Sampai saat ini Pemerintah Sumut belum mempunyai rumah aman bagi anak-anak. "Kami terpaksa menitipkan ke panti anak terlantar yang kami tangani," tutur Zahrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com