Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pengakuan Kondektur Bus Laju Utama

Kompas.com - 30/01/2012, 14:35 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kecelakaan di Tol Jagorawi Km 11+200 yang melibatkan 18 kendaraan diduga disebabkan kerusakan pada rem angin bus Laju Utama jurusan Bogor-Tanjung Priok bernomor polisi B 7455 BW.

Menurut keterangan kondektur bus, Dedi (25), kejadian berawal ketika bus melaju dengan kecepatan rendah dari Bogor menuju Jakarta. Namun, ketika mendekati pintu Tol Cibubur, kopling bus terasa keras.

"Saat itu rem bus masih berfungsi, namun ketika berjalan di jalur sebelah kiri, rem angin bus blong," kata Dedi kepada wartawan, di kantor PJR Tol Jagorawi, Senin (30/1/2012).

Bus yang berisi penuh penumpang tersebut tidak bisa dikendalikan, lalu langsung menabrak kendaraan di depannya. "Mobil di depan bus nabrak mobil di depannya, terus begitu hingga sekitar puluhan kendaraan tertabrak," katanya.

Beruntung, baik penumpang bus maupun pengendara yang ditabrak tidak mengalami luka serius.
Dedi mengatakan, sebelum digunakan bus telah diperiksa keadaannya secara rutin. "Tadi pagi sebelum narik, kami sudah mengecek keadaan bus, rem anginnya bisa berfungsi," kata Dedi.

"Ya, namanya musibah, Mas. Kami tidak tahu kalau ada kerusakan di jalan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com