R Menuntut Pelaku Dihukum Mati - Kompas.com

R Menuntut Pelaku Dihukum Mati

Andy Riza Hidayat, Suhartono
Kompas.com - 02/02/2012, 22:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- R (36), pedagang sayur yang menjadi korban perkosaan di angkutan kota pada Desember 2011, menuntut pelaku dihukum seberat-beratnya.

"Kalau perlu, dihukum mati," kata R, kepada Kompas pekan lalu di rumahnya di Depok, Jawa Barat. Saat ditemui, R didampingi pamannya, Joy (50), yang bertindak sebagai juru bicara keluarga.

R juga mengingatkan kaum perempuan lainnya agar berhati-hati jika ingin berpergian menggunakan angkutan kota, agar tidak menjadi korban kejahatan. "Lihat-lihat dulu angkotnya. Akan tetapi, kalau bisa lebih baik diantar kalau bepergian pada malam hari," tutur R.

Sementara itu, YBR (17), pelaku utama kasus perkosaan dan perampokan anting-anting dan uang tunai, menyatakan penyesalan atas pebuatannya. "Saya minta ampun," ujarnya.

YBR berkilah tidak punya niat memperkosa R. Namun, karena melihat salah satu rekannya menggerayangi R, ia tergoda dan akhirnya malah memperkosa meskipun R saat itu tengah datang bulan. "Saya hanya ingin mengambil barangnya," ujarnya.

YBR yang pernah mendekam di lembaga pemasyarakatan anak, mengakui saat itu baru saja menenggak minuman keras dan berputar-putar dari Cawang, Jakarta Timur, mencari mangsa untuk dirampok.

PenulisAndy Riza Hidayat, Suhartono
EditorNasru Alam Aziz

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM