Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Megapolitan

Aang Selamat Berkat Sabuk Pengaman

Rabu, 8 Februari 2012 | 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Peralatan pengaman selama bekerja di area berbahaya, seperti di proyek pembangunan, terbukti ampuh melindungi nyawa orang. Aang Amsari (32) terselamatkan nyawanya berkat sabuk pengaman yang terpasang di gondola dan tali pengaman yang terus melekat di badannya, Rabu (8/2/2012).

Aang adalah pekerja yang lolos dari maut setelah gondola yang dipakainya saat bekerja di proyek di Multivision Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, jatuh hingga ringsek.

”Gondola jatuh, tapi korban tersangkut peralatan pengaman. Korban selamat,” kata Kepala Polsek Setia Budi Komisaris Hendara Gunawan sekaligus mengklarifikasi berita sebelumnya yang menyatakan ada satu korban tewas akibat gondola jatuh.

Sesuai keterangan beberapa saksi mata di lokasi kejadian, sekitar pukul 14.20, gondola yang dipakai Aang terlihat melorot. Seorang rekannya, Aben Naizer, yang berada di atap gedung berusaha menarik tali gondola hingga tangannya terluka. Laju gondola sedikit tertahan, kemudian menabrak jendela kaca di lantai 23. Beberapa pegawai di lantai tersebut menarik Aang dan menyelamatkannya, sementara gondola akhirnya terjun bebas dan ringsek setelah menghantam tanah.

Meski menderita luka cukup serius pada mata dan telinga, nyawa Aang terselamatkan berkat kepatuhannya mengenakan peralatan pengaman.

”Penyebab gondola jatuh masih kami selidiki,” ujar Hendara.


Penulis: Neli Triana
Editor : Nasru Alam Aziz