Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendung Katulampa Siaga Empat, Siap-siap Kiriman Air

Kompas.com - 12/02/2012, 22:27 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Ketinggian air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Minggu (12/2/2012) malam mengalami peningkatan setinggi 70 centimeter.

"Air masih bertahan 70 cm status siaga empat," kata Kepala Palaksana Harian Bendung Katulampa, Andi Sudirman. Ketinggian air di Bendung Katulampa naik dari kondisi normal 20 centimeter.

Andi mengatakan ketinggian air mengalami kenaikan sekitar pukul 20.00 WIB setelah hujan lebat mengguyur kawasan Puncak dan Kota Bogor. Hujan lebat mengguyur kawasan Puncak pada pukul 16.30 WIB. Hujan turun merata dengan intensitas lebat selama kurang lebih satu jam.

Peningkatan debit air terjadi dua jam setelah hujan turun. Ketinggian air berangsung mengalami kenaikan dari 20 cm, menjadi 50 cm hingga kini bertahan 70 cm. Pihak bendung memberlakukan status siaga empat karena ketinggian air telah mencapai batas level aman pertama yakni 70 cm.

Diperkirakan kiriman air akan sampai ke Jakarta dalam waktu 11 hingga 12 jam berikutnya. Besarnya dan cepatnya kiriman air dari Bogor ke Jakarta dipengaruhi kondisi air di perjalanan. Bila di kawasan Depok hujan, kiriman air akan lebih cepat.

Hingga berita ini diturunkan hujan masih melanda Kota Bogor. Diperkirakan bila hujan masih turun, ketinggian air akan bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com