Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kronologi Penangkapan John Kei

Kompas.com - 18/02/2012, 01:34 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Metro Jaya membekuk tokoh pemuda asal Maluku, John Kei, pada Jumat (17/2/2012) malam di Hotel C'One, Pulomas, Jakarta Timur. Proses penangkapan sendiri dinilai cukup cepat, yakni hanya butuh waktu 15 menit untuk melumpuhkan tokoh pemuda yang acap kali bersinggungan dengan aksi kekerasan di beberapa wilayah ini. "Prosesnya sangat cepat, tidak sampai setengah jam. Saya kira 15 menit," ujar Tito Refra, adik kandung John Kei, saat dijumpai di RS Polri Soekanto, Jumat (17/2/2012) malam.

Tito menjelaskan bahwa saat kakaknya dibekuk aparat kepolisian, dia tak sengaja berada di Hotel C'One. "Saat itu, saya pulang kantor bersama rekan satu kantor juga kami berempat ke sana, tempat tongkrongan kami karena ada live music saat datang itu sepi," kata Tito.

Namun, tak beberapa lama kemudian sekitar pukul 19.30, pintu pagar tiba-tiba ditutup rapat, sementara banyak orang berhamburan keluar. Saat Tito menengok keluar, dirinya mendapati banyak anggota reserse kepolisian yang berjaga.

Tito menuturkan, dirinya kemudian bertemu dengan Wakil Direktur Umum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Nico Afinta. "Saya bertanya ada apa ini," papar Tito. Pertanyaan Tito kemudian dijawab Nico, "Kami dapat informasi dari intel kalau Bung John Kei ada di sini," tutur Tito, menirukan Nico.

Pernyataan itu dijawab Tito bahwa dirinya tak tahu John ada di hotel itu. Pasalnya, Tito baru saja tiba bersama teman-temannya. Saat bertanya kepada Nico, salah seorang perwira menengah berinisial H kemudian tampil mencolok memimpin anggota kepolisian lainnya berlari menuju ke sebuah ruangan. "Saat itu saya mau menuju ke arah yang sama, tapi dihalangi. Tak lama saya dengar suara tembakan sekali yang saya yakin dari polisi yang tampil over itu," tukas Tito.

Sekitar 15 menit kemudian, Tito melihat kakaknya dipapah oleh beberapa anggota kepolisian tak berseragam. "Saya sempat tanya ada apa, kakak saya bilang kalau dia ditembak di kaki kanan. Hanya itu saja. Dan dia langsung dibawa pergi polisi," papar Tito.

Hingga kini, belum ada aparat kepolisian yang memberikan keterangan resmi soal penangkapan mantan narapidana kasus pengeroyokan di Surabaya, Jawa Timur ini. Penangkapan John Kei pun masih belum diketahui terkait kasus apa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com