Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Berharap Makin Banyak yang Naik Transjakarta

Kompas.com - 26/02/2012, 10:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Fauzi Bowo berharap program gratis naik bus Transjakarta bisa meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum. Hal tersebut disampaikannya saat membuka program tersebyt dengan menyerahkan secara simbolis tiket bus pada 10 penumpang.

Pria yang biasa disapa Foke ini mengatakan, program gratis naik bus Transjakarta khusus pada hari Minggu (26/2/2012) ini saja, akan menjadi lifestyle baru bagi warga Jakarta. Karena itu, program serupa akan terus dilakukan bahkan sudah dipertimbangkan menjadi agenda rutin tahunan.

"Kami merencanakan pada saat HUT Jakarta tanggal 22 Juni 2012 nanti, warga Jakarta kembali dapat menikmati program gratis naik bus Transjakarta dalam satu hari penuh. Kami harapkan bus Transjakarta bisa menjadi pilihan warga untuk mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya," ujar Foke, Minggu (26/2/2012) di halte Tosari Jakarta Pusat.

Foke berpendapat, jika Transjakarta bisa menjamin perjalanan dari Ragunan ke Landmark Jakarta Pusat dalam waktu 30-40 menit, maka masyarakat yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi akan beralih ke Transjakarta.

"Saat ini fasilitas park and ride yang disediakan di Ragunan telah dipenuhi calon penumpang. Tahun lalu Transjakarta berhasil mengangkut sekitar 114 juta penumpang atau sekitar 300.000 penumpang perhari," ucapnya.

Foke menambahkan, yang dibutuhkan bukan sekedar jutaan penumpang pertahunnya, melainkan dalam satu hari. "Saya harapkan jumlah kendaraan pribadi di Jakarta nantinya akan lebih sedikit dari jumlah armada Transjakarta," imbuhnya.(Danang Setiaji Prabowo)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com