Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta Gratis? Sering-sering Saja!

Kompas.com - 26/02/2012, 13:25 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Program gratis sehari naik Transjakarta rupanya menuai antusiasme para calon penumpang, Minggu (26/2/2012). Sebagian calon penumpang sengaja memanfaatkan moment "gratisan" ini untuk berkeliling Jakarta. Mira (17), misalnya, sengaja memanfaatkan gratisan Transjakarta ini untuk mengunjungi Monumen Nasional (Monas), kemudian ke Ragunan.

Dari halte Monas, Mira beserta empat rekannya transit di Halte Dukuh Atas untuk menyambung rute menuju halte Ragunan.

"Iya, ini mumpung gratisan, langsung saja ke Ragunan dari Monas," ucapnya saat ditemui di Halte Busway Dukuh Atas, Jakarta, Minggu (26/2/2012).

Ia mengaku tahu soal program tiket gratis Transjakarta ini dari pemberitaan media. Senada dengan Mira, Ratna (24) juga merasa diuntungkan dengan program tiket gratis Transjakarta ini. Dia yang sejak awal berencana merayakan ulang tahun putrinya di Ragunan tak perlu merogoh kocek lebih dsalam untuk transportasi.

"Kalau dibilang program bagus, ya bagus sih. Kalau sering-sering, lebih bagus lagi. Menguntungkan," kata Ratna, penumpang lain yang juga dijumpai di Halte Dukuh Atas.

Hanya saja, Ratna mengeluhkan kondisi Halte Dukuh Atas yang dipenuhi penumpang. Dia menilai, program tiket gratis Transjakarta ini semestinya diikuti dengan penambahan armada bus.

"Busway ke Ragunan dibanyakin. Jangan kendaraannya sedikit, orangnya enggak ketampung," ujarnya.

Saat ditanya dari mana dia tahu soal program tiket gratis ini, Ratna mengaku membaca informasi tersebut dari berita yang diaksesnya melalui ponsel. Harapan senada juga diungkapkan Endah (18). Dia berharap Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta lebih sering menggelar program tiket gratis ini.

"Lumayan, ongkos kan enggak keluar," kata Endah yang menuju Ragunan dari Grogol ini.

BLU Transjakarta memberlakukan program tiket gratis khusus untuk hari ini. Calon penumpang saat memasuki halte Transjakarta akan diberi secarik kertas berupa tiket dengan cap "gratis" yang hanya berlaku satu kali pakai. Program naik Transjakarta gratis ini dilakukan untuk menarik masyarakat menggunakan moda transportasi umum seperti Transjakarta.

Rencananya, program ini akan dijadikan program tahunan. Kepala Unit Pelayanan Transjakarta, M Akbar dalam pemberitaan sebelumnya mengatakan, pihaknya menyiapkan armada dalam jumlah normal, seperti halnya saat hari kerja, yakni sebanyak 485 bus.

Untuk mengawal ketertiban penumpang dikerahkan 4.300 petugas yang tersebar di 11 koridor Transjakarta. Berdasarkan pengamatan Kompas.com, kepadatan penumpang Transjakarta hari ini tidak merata. Misalnya, kepadatan penumpang di koridor VI. Penumpang dari Halte Dukuh Atas menuju Ragunan tampak memadati bus sementara dari arah sebaliknya, tampak sepi penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com