Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex: Dalam Tiga Tahun Jakarta Bebas Banjir dan Macet!

Kompas.com - 04/03/2012, 15:42 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin percaya diri maju dalam Pilkada DKI Jakarta, setelah didukung penuh oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Saat memberikan sambutannya di Musyawarah Kerja Wilayah Dewan Perwakilan Wilayah PPP DKI, di Hotel Millenium, Jakarta, Minggu (4/3/2012) ia memaparkan sebagian program yang telah ia rencanakan untuk membangun Jakarta. Ia berjanji akan menuntaskan masalah macet dan banjir dalam waktu tiga tahun.

"PPP memilih, saya tidak mau disamakan dengan membeli kucing dalam karung. Janji saya, Jakarta bebas banjir dan macet dalam waktu tiga tahun, kalau tidak saya mundur," ujar Alex.

Menurut Alex, masalah transportasi terjadi karena jumlah kendaraan yang menjamur di Jakarta. Termasuk karena masalah angkutan umum yang dirasa tidak aman dan nyaman lagi bagi warga DKI Jakarta. Selain itu, belum semua tempat dilewati jalur transportasi sehingga menyulitkan sebagian warga. Oleh karena itu ke depan kata dia, optimalisasi angkutan umum dan busway harus diterapkan.

Alex juga sudah mematok biaya sekitar Rp 7,04 triliun untuk membangun transportasi yang optimal di Jakarta. "Optimalisasi angkutan umum. Orang pergi ke titik awal perjalanannya membawa mobil dan dari situ menggunakan busway. Pak Sutiyoso dalam tiga tahun buat 10 koridor busway, Foke dalam lima tahun hanya 1 koridor. Ke depan harus optimal. Macet di Jakarta ini tidak mengenal hari," jelasnya.

Sementara masalah banjir yang tak pernah terselesaikan di Jakarta kata dia terjadi karena ketika hujan, kurangnya daerah tangkapan air di hulu, adanya pendangkalan sungai akibat sedimentasi, kurangnya resapan air dan banyaknya bangunan di bantaran sungai. Semua masalah ini tutur Noerdin dapat diatasi dengan konservasi hutan, reboisasi di tengah kota dan mengatur aliran di hulu-hulu sungai.

"Saya punya program-program, tapi tidak saya tidak paparkan semua nanti ada yang meniru. Banjir dan macet akan saya selesaikan. Satu hari setelah pemilihan saya akan berikan secara lengkap program yang akan saya jalankan nanti," kata Noerdin.

Terkenal memajukan bidang kesehatan di Sumatera Selatan, Noerdin mengatakan jika ia menjadi Gubernur DKI ia akan membangun sistem kesehatan lebih baik yaitu dengan membentuk 233 puskesmas, 34 pelayanan rawat inap dan 5 rumah sakit tanpa kelas. Ini kata dia penting untuk membantu memberikan bantuan pelayanan kesehatan warga terutama yang menengah ke bawah yang seringkali susah mengakses pelayanan kesehatan lebih baik.

"Kalau dulu orang selalu bilang, orang miskin dilarang sakit. Silakan sakit. Insya Allah setelah pemilihan juga, akan ada pelayanan kesehatan gratis, seperti yang saya lakukan di Sumatera Selatan," tuturnya.

Semua program ini kata dia akan diselesaikan selama tiga tahun. Sementara, untuk masalah keamanan. Kata dia akan diselesaikan dalam kurun waktu satu tahun. "Bersama Haji Lulung, dipercayakan dalam waktu satu tahun, akan selesaikan masalah keamanan di Jakarta," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com