Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arah Golkar Cenderung ke Alex Noerdin

Kompas.com - 06/03/2012, 20:15 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah rapat pleno yang digelar pada Senin (5/3/2012) lalu, Partai Golkar akan mengumumkan calon kandidat untuk Pemilukada 2012 kurang lebih dua hari dari sekarang. Nama kandidat internal pun semakin menyempit dan hanya menyisakan nama Alex Noerdin dan Tantowi Yahya.

Ketua Pemenangan Pemilu Jawa I DPP Golkar, Ade Komarudin, membenarkan bahwa tinggal tersisa dua nama terkuat dari internal Partai Golkar. Namun kecenderungan dari partai berlambang pohon beringin ini lebih mengarah pada Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

"Paling kuat memang hanya Alex dan Tantowi. Tapi condongnya lebih ke Alex," ujar Ade saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/3/2012).

Ia menambahkan bahwa pemilihan calon ini tidak hanya didasarkan pada hasil survei saja. Ada kriteria yang menjadi pertimbangan dari partai Golkar untuk menentukan calon pada Pemilukada 2012 ini.

Adapun kriterianya adalah memiliki elektabilitas yang bagus, kemudian mampu membawa dukungan dari partai lain dan memiliki konsep yang matang sekira-kiranya dua hal tentang Jakarta yaitu menyelesaikan masalah macet dan banjir.

"Kenapa Alex? Karena sejauh ini, ia sudah bisa membawa partai untuk bersama PPP dan PDS. Sementara Tantowi sampai saat ini belum ada laporan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com